Selasa, 16 Januari 2018

seni dayak kalimantan


SENI DAYAK KALIMANTAN


Ayo lihat seni-seni kalimantan. Eeemmm ,, !! kali ini saya mencoba membahas tentang seni lukis dayak kalimantan . 
menurut saya seni ini sangat susah broo... (menurut lu gimana) ?? ;D(#jiah lagi mikir)

nah ini dia gambar gambar dan pembahasan seni lukis dayak kalimantan :

1.BATIK DAYAK



Batik dayak mempunyai motif yang sangat khas yang tidak terdapat pada jenis batik lainnya yang ada di Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, batik khas suku dayak juga turut mengikuti perkembangan zaman modern.
Hal ini terlihat dari pemilihan motif dan warna kain batik yang semakin bervariasi dan modern. Perubahan motif dan warna ini tentu menjadi salah satu cara untuk mengikuti perkembangan tren terbaru. Dimana hal ini menjadi kunci utama untuk menjadikan batik dayak tetap bertahan hingga pada saat ini.
Apalagi seiring dengan masuknya era digital maka eksistensi batik pun semakin kian diakui di kalangan masyarakat Indonesia dan bahkan sampai ke Mancanegara. Hal ini membuktikan walaupun masih sangat tradisional, tetapi dengan melakukan adaptasi dengan tren masa kini, maka tradisi tersebut akan tetap masih hidup bahkan di era yang serba modern seperti ini.
2.TATO BADAN


sebagian besar tato badan untuk suku dayak kalimantan pada dasar nya menggunakan gambar bunga untuk sebai pola tato, dan tato ini mekiliki arti tersendiri(tidak bisa dijelas kan).
3.BAJU ADAT DAYAK

Baju Adat Dayak : Ta’a dan Sapei Sapaq

Baju adat dayak pada umumnya lebih dikenal secara luas di kancah Nasional. Baju ini terdiri dari dua kelengkapan, yaitu baju Ta’a yang digunakan oleh wanita dayak dan baju Sapei Sapaq yang digunakan oleh pria dayak.
Dilihat dari bahan pembuatan dan cara menggunakannya, kedua baju adat dayak ini sangatlah menggambarkan tentang kearifan dan kebijakan masyarakatnya dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.
Baju Ta’a terdiri atas beberapa kelengkapan yaitu baju atasan yang bernama Sapei Inoq, rok sebatas lutut yang bernama Ta’a, atau ikat kepala yang dibuat dari kain ataupun daun pandan dengan hiasan bulu burung, serta gelang yang terbuat dari pintalan benang sebagai penolak bala.
Baju atasan, bawahan , maupun penutup kepala yang digunakan semuanya dihiasi dengan uleng atau pernak-pernik motif khusus. Diantaranya adalah motif burung enggang dan harimau untuk para bangsawan, serta motif tumbuhan untuk masyarakat biasa.
Adapun untuk baju Sapei Sapaq yang dikenakan oleh pria sebetulnya tidak mempunyai perbedaan yang mencolok dengan baju Ta’a. Baju Sapei Sapaq mempunyai motif yang sama dengan baju Ta’a.
Hanya saja bawahannya tentuk tidak berupa rok. Melainkan celana pendek yang bernama Abeq Kaboq. Selain itu, para pria dayak juga mengenakan kelengkapan lain seperti senjata tradisional prisai dan mandau sebagai alat perlindungan diri.

Baju Adat Kutai : Baju Miskat

Selain Ta’a dan Sapei Sapaq khas suku dayak, Kalimantan Timur juga memiliki pakaian adat lainnya khas suku kutai. Diantaranya adalah baju miskat, baju sakai, baju kustim, baju rompi antakusuma, dan baju takwo.
Adapun dalam upacara pernikahan, sepasang mempelai pria dan wanita suku kutai pada umumnya menggunakan pakaian adat kustim. Baju kustim terdiri atas baju kurung dan bawahan, riasan sanggul dengan hiasan kembang goyang dan tali kuantan untuk mempelai wanita, serta setorong atau topi berbulu untuk mempelai pria.
Selain menggunakan baju kustm, pada prosesi bealis dalam upacara pernikahan, pengantin pria dan wanita kutai juga wajib menggunakan baju sakai. Untuk mempelai wanita, baju ini terdiri atas kebaya lengan panjang, bawahan tapeh badong, batik celup, kalung susun tiga, dan sanggul dengan hiasan pernak-pernik seperti kembang goyang 3 cabang, bunga melati, dan tajok mawar.

by.b4byblues.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar